“Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di waktu pagi dan petang hari dengan mengharap keridhoan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia. Dan janganlah kamu mengikuti jalan orang yang telah Kami jadikan hatinya lalai dari mengingat Kami serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaan mereka itu melampaui batas.” (Al-Kahfi:28)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Sebagai postingan pertama yang bercerita tentang college life, sepertinya bagian dunia perKAMILan lah yang bisa aku bagikan.

KAMIL (Keluarga Mahasiswa Islam) Pascasarjana ITB adalah Unit Kerohanian Islam Pascasarjana di Institut Teknologi Bandung yang disahkan oleh Lembaga Kemahasiswaan ITB dan menjadi mitra dakwah bersama YPM SALMAN ITB. Saat ini, tren pendaftar mahasiswa pascasarjana adalah fresh graduate sehingga rata-rata pengurus KAMIL masih cukup muda, memiliki semangat untuk melakukan kegiatan-kegiatan non akademik serta memiliki keinginan yang besar untuk memperluas jaringan (… dan tentunya belum menikah dan digunakan sebagai ajang mencari jodoh hehe). “Semeru Cinta” merupakan pertemuan pertamaku dengan KAMIL Pascasarjana ITB. Saat itu, aku mendapatkan amanah untuk membantu Alam, salah satu sahabatku di TL ITB, di bagian sponsorship acara. Ringkasnya, setelah itu Alam maju sebagai ketua KAMIL Pascasarjana ITB dan aku diberikan kepercayaan sebagai Kepala Departemen Eksternal.

Eksternal adalah satu dari enam departemen di KAMIL Pascasarjana ITB yang bergerak di bidang sosial dan hubungan di luar KAMIL Pascasarjana ITB. Inti dari program kerja eksternal adalah silaturahmi, bagaimana menjalin silaturahmi seluas-luasnya dengan pihak-pihak di luar KAMIL. Eksternal di awal kepengurusan berjumlah 14 orang, termasuk aku didalamnya dan pada pertengahan semester terdapat tambahan 8 orang sebagai relawan (volunteer KAMIL).

untitled-2untitled-1

Barisan Ikhwan : Elfan; Baiquni; Sulhuzair; Sandi; Daus; Ilham; Bima; Salim; Windhy

Barisan Akhwat : Dewi; Melani; Isma; Ifat; Mora; Tina; Yovina; Melda; Ninda; Dwi; Rafi; Resti; Arini

Detail program kerja dapat dilihat di sini : Laporan Pertanggungjawaban

Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah, itulah yang aku rasakan selama memimpin departemen ini. kesabaran dan energi ekstra harus dijaga agar program kerja dapat terlaksana dengan baik. Program kerja adalah amanah, menjaga silaturahmi adalah amanah, dan memimpin diri sendiri juga bagian dari amanah. Alhamdulillah dari sekian banyak program kerja, hanya 1 yang tidak terlaksana. Pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran harus selalu tercurahkan, tetapi hal yang menarik dari KAMIL adalah ketulusan, ketulusan untuk mengerjakan semua program kerja semaksimal mungkin meskipun dengan kesibukan yang luar biasa dari seorang mahasiswa pascasarjana.

Repost dari IG-ku sendiri : Kamil memberikanku pelajaran penting bahwa setiap kegiatan yang diniatkan untuk ibadah pasti akan berkah dan bernilai pahala. Percaya bahwa setiap lelah pasti akan diganti Allah dengan sesuatu yang jauh lebih berharga. Masih banyak orang baik di dunia ini. Dan jd ingat, bahwa inilah maksud dr penggalan ayat : “Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di waktu pagi dan petang hari dengan mengharap keridhoan-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia. Dan janganlah kamu mengikuti jalan orang yang telah Kami jadikan hatinya lalai dari mengingat Kami serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaan mereka itu melampaui batas” (Al-Kahfi:28). Allah memerintahkan kita untuk berkumpul dengan orang2 yang mengingat Allah dan RasulNya di waktu pagi dan petang. Dan orang-orang Kamil adalah lingkungan yang tepat untuk dijadikan teman terbaik.

Anggota eksternal semuanya sibuk, sulit untuk mempertemukan mereka dalam satu kegiatan. Tetapi ketika sudah berkumpul, mungkin bisa dikatakan kalau kita sangat ramai dan malu-maluin. Alhamdullilah, indahnya silaturahmi. Dari sedikit pengalaman ini aku merasa beruntung bisa bertemu orang-orang seperti mereka.

Memory :

Advertisements

One thought on “Potret Departemen Eksternal dan Kenangan Bersamanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s